4.1 Analisa dan Hasil Penelitian
Pada
penelitian digunakan 2 metode untuk menganalisa data primer yang telah
diperoleh, yakni metode analisa deskriptif dan metode analisa statistik. Metode
analisa deskriptif dalam penelitian ini merupakan uraian atau penjelasan dari
hasil pengumpulan data primer yang berupa kuesioner yang telah diperoleh dari
responden penelitian. Sedangkan metode analisa statistik , selain untuk menguji
uji validitas dan reabilitas dari kuesioner, metode analisa statistik juga
digunakan untuk melakukan analisa regresi berganda.
1.Analisa deskriptif
Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuesioner. Dari kuesioner tersebut
diperoleh
gambaran umum mengenai karateristik responden. Karateristik tersebut meliputi
jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan.
a.1 Karateristik berdasarkan umur
Diketahui bahwa kategori umur yang
paling banyak diteliti adalah umur 20-30 tahun sebanyak 125 orang responden.
Untuk kategori umur paling sedikit adalah umur 30 tahun keatas.
a.2 Karateristik berdasarkan jenis
kelamin
Berdasarkan data-data pada kuesioner yang telah disebar oleh peneliti kepada 125
orang responden, diperoleh data mengenai jenis kelamin responden penelitian.
Berdasarkan penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penelitian
ini jumalh responden perempuan lebih banyak .
Analisa
Statistik
1.Untuk mengetahui validitas pada setiap
butir pernyataan dalam kuesioner
-
Jika r hitung > r tabel maka pernyataan itu valid
-
Jika r hitung < r tabel maka pernyataan itu tidak valid
1.Untuk mengetahui reliabilitas
kuesioner:
-
Jika r alpha > r tabel maka pernyataan tersebut
reliabel
-
Jika r alpha < r tabel maka pernyataan tersebut tidak
reliabel
B.1 Analisis Regresi Linear Berganda
Dalam pengolahan data
dengan
menggunakan
regresi linier berganda,
dilakukan beberapa tahapan untuk mencapai
hubungan
antar
variabel dependen dengan variabel independen.
Y= a + b1x1 + b2x2
+ b3x3 +e
Berdasarkan dari persamaan tersebut
diperoleh persamaan regresi linear berganda:
Y = 0.246 XProduct (X1) + 0.266 XPrice (X2) +0.248 XPromotion+e
dari persamaan tersebut dapat
digambarkan sebagai berikut:
- Konstanta (a) 0,246 menunjukan harga konstanta, dimana jika variabel X1 dan X2 = 0 maka keputusan (Y) + 0,246
- Koefisien X2 (b2) = 0,266 menunjukan bahwa variabel independen melalui harga (X2) berpengaruh dominandalam mengambil keputusan pemakaian jasa warnet di kebagusan. Dan sepatutnya ihak warnet lebih memperhatikan price yang ditawarkan bagi pemakai demi kelangsungan dan keberhasilan warnet tersebut.
5.
SARAN DAN KESIMPULAN
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan
terhadap masyarakat dikebagusan sgar dapat bermanfaat diantaranya : 1. Bagi
pengelola warnet dikebagusan. Penelitian ini dapat memberikan informasi yang
berguna dalam bidang pemasaran dan lebih focus pada perilaku konsumen dalam
pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet. Bagi masyarakat sebagai
pertimbangan pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet di kebagusan dengan
memperhatikan factor yang disediakan warnet tersebut. 2. Bagi peneliti, dapat
menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dibidang pemasaran khususnya mengenai factor
perilaku konsumen.
5.1 Saran
Berdasarkan
hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan yang dapat ditarik adalah
dari factor perilaku konsumen , price (X2) mempunyai pengaruh dominan dalam
pengambilan keputusan pemmakaian jasa warnet di kebagusan. Hal ini dapat
dilihat dari coefisients standardized price (X2 paling besar yaitu sebesar
0,266. Jadi hipoteris yang kedua (H2) diterima, dan sepatutnya pihak warnet
lebih memperhatikan, dan mempertahankan price yang ditawarkan bagi pemakai demi
kelangsungan dari keberhasilan warnet tersebut.
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan
hasil analisis dan pembahasaan yang dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan
sebagai berikut :
- Hasil uji regresi berganda Y= a + b1x1 + b2x2 + b3x3 +e dengan menggunakan uji F dan uji t menyatakan bahwa secara simultan maupun parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran pemasaran (product, price dll), individu konsumen, dan pengaruh lingkungan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet dikebagusan.
- Hasil perhitungan berdasarkan standardized coefficient jg mengatakan bahwa variable yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet dikebagusan adalah price.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar