Minggu, 06 November 2011

4.Analisa dan Hasil Penelitian

4.1 Analisa dan Hasil Penelitian

Pada penelitian digunakan 2 metode untuk menganalisa data primer yang telah diperoleh, yakni metode analisa deskriptif dan metode analisa statistik. Metode analisa deskriptif dalam penelitian ini merupakan uraian atau penjelasan dari hasil pengumpulan data primer yang berupa kuesioner yang telah diperoleh dari responden penelitian. Sedangkan metode analisa statistik , selain untuk menguji uji validitas dan reabilitas dari kuesioner, metode analisa statistik juga digunakan untuk melakukan analisa regresi berganda.
1.Analisa deskriptif
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Dari kuesioner tersebut
diperoleh gambaran umum mengenai karateristik responden. Karateristik tersebut meliputi jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan.
a.1 Karateristik berdasarkan umur
Diketahui bahwa kategori umur yang paling banyak diteliti adalah umur 20-30 tahun sebanyak 125 orang responden. Untuk kategori umur paling sedikit adalah umur 30 tahun keatas.

a.2 Karateristik berdasarkan jenis kelamin
                Berdasarkan data-data pada kuesioner yang telah disebar oleh peneliti kepada 125 orang responden, diperoleh data mengenai jenis kelamin responden penelitian. Berdasarkan penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penelitian ini jumalh responden perempuan lebih banyak .
Analisa Statistik
1.Untuk mengetahui validitas pada setiap butir pernyataan dalam kuesioner
-          Jika r hitung > r tabel maka pernyataan itu valid
-          Jika r hitung < r tabel maka pernyataan itu tidak valid

1.Untuk mengetahui reliabilitas kuesioner:
-          Jika r alpha > r tabel maka pernyataan tersebut reliabel
-          Jika r alpha < r tabel maka pernyataan tersebut tidak reliabel

B.1 Analisis Regresi Linear Berganda
Dalam  pengolahan  data  dengan  menggunakan regresi linier  berganda,  dilakukan beberapa tahapan untuk  mencapai  hubungan  antar  variabel  dependen dengan variabel independen.
Y= a + b1x1 + b2x2 + b3x3 +e

Berdasarkan dari persamaan tersebut diperoleh persamaan regresi linear berganda:
Y = 0.246 XProduct (X1) + 0.266 XPrice (X2) +0.248 XPromotion+e

dari persamaan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:
  1. Konstanta (a) 0,246 menunjukan harga konstanta, dimana jika variabel X1 dan X2 = 0 maka keputusan (Y) + 0,246
  2. Koefisien X2 (b2) = 0,266 menunjukan bahwa variabel independen melalui harga (X2) berpengaruh dominandalam mengambil keputusan pemakaian jasa warnet di kebagusan. Dan sepatutnya ihak warnet lebih memperhatikan price yang ditawarkan bagi pemakai demi kelangsungan dan keberhasilan warnet tersebut.

5. SARAN DAN KESIMPULAN
Berdasarkan  dari hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap masyarakat dikebagusan sgar dapat bermanfaat diantaranya : 1. Bagi pengelola warnet dikebagusan. Penelitian ini dapat memberikan informasi yang berguna dalam bidang pemasaran dan lebih focus pada perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet. Bagi masyarakat sebagai pertimbangan pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet di kebagusan dengan memperhatikan factor yang disediakan warnet tersebut. 2. Bagi peneliti, dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dibidang pemasaran khususnya mengenai factor perilaku konsumen.  

5.1 Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan yang dapat ditarik adalah dari factor perilaku konsumen , price (X2) mempunyai pengaruh dominan dalam pengambilan keputusan pemmakaian jasa warnet di kebagusan. Hal ini dapat dilihat dari coefisients standardized price (X2 paling besar yaitu sebesar 0,266. Jadi hipoteris yang kedua (H2) diterima, dan sepatutnya pihak warnet lebih memperhatikan, dan mempertahankan price yang ditawarkan bagi pemakai demi kelangsungan dari keberhasilan warnet tersebut.      

5.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasaan yang dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :
  1. Hasil uji regresi berganda Y= a + b1x1 + b2x2 + b3x3 +e dengan menggunakan uji F dan uji t menyatakan bahwa secara simultan maupun parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara bauran pemasaran (product, price dll), individu konsumen, dan pengaruh lingkungan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet dikebagusan.
  2. Hasil perhitungan berdasarkan standardized coefficient jg mengatakan bahwa variable yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pemakaian jasa warnet dikebagusan adalah price. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar