2.
LANDASAN TEORI
2.2
HIPOTESIS
Faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan jasa internet pada warnet di kebagusan
1.
Pengertian Jasa (service)
Menurut Kotler (2000), pengertian jasa
yaitu adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh suatu
pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak dapat
mengakibatkan kepemilikan apapun produksinya dapat dikaitkan atau tidak
dikaitkan pada suatu produk fisik.
2.Karakteristik
dan sifat jasa
Kotler (2000) mengatakan bahwa jasa
memiliki empat karakteristik utama yang sangat mempengaruhi rancangan program
pemasaran jasa, yaitu tidak nyata( intangible), tidak terpisahkan
(inseparable), variable (variable), dan tidak dapat disimpan (perishable).
3.
Bauran Pemasaran
Menurut
Payne (2000) bauran pemasaran yang diperluas (4P + 3P) adalah tempat untuk
jasa, Yaitu meliputi unsure tradisiaonal bauran pemasaran 4P (Product, Price,
Promotion, dan Place) ditambah 3P (People, Proces, dan Provision
4.
Perilaku Konsumen
Menurut James F. Angel, Rojer D
Blackwell. Dan paul W Miniard (1995), merupakan suatu konsep tindakan yang
mempelajari bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli,
menggunakan product (barang atau jasa) yang dapat memberikan kepuasan,
kebutuhan dan keinginannya.
Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah :
H1 : Faktor-faktor bauran pemasaran jasa, individu konsumen, pengaruh lingkungan baik secara simultan maupun parsial berpengaruh secara signifikan dalam pengambilan keputusan pemakaian jasa warnet
H2 : Pemakaian factor-faktor tersebut variable price merupakan variable yang dominan mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pemakaiaan jasa warnet
2.3 PENGEMBANGAN HIPOTESIS
Faktor bauran promosi, individu konsumen dan pengaruh lingkungan merupakan factor yang mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa internet pada warnet dikebagusan.
2.4 TINJAUAN PENELITIAN TERDAHULU
Sujoko staf pengajar
fakultas Ekonomi UNTAG ’45 Surabaya
(jurnal) “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA WARNET DI KOTA
JEMBER” tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh variable independen secara simultan
terhadap variable dependen.
Hasil dari uji validitas intrumen ini penelitian
menunjuakan bahwa semua item penelitian adalah valid.Hal ini dapat diketahui
dari signifikan dari hasil perhitungan korelasi lebih kecil dari 0,05. Hasil
pengujian reabilitas instrument penelitian menunjukan bahwa semua penelitian
adalah reabel hal ini dapat diketahui bahwa semua variable penelitian ini
mempunyai koefisien keandalan/ alpa sama dan lebih besar dari 0,6. Dengan
menggunakan uji ANOVA yang memperlihatkan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel
(30.754 > 3.4) ini bisa dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0.000
< 0.050 .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar