Minggu, 07 November 2010

Nanas Isi (Gevulde Ananas)

Bahan:
1 buah nanas yang besar
2 buah apel
5-6 buah manggis
15 buah rambutan
2 buah jeruk manis
1 buah pisang ambon
gula pasir
1 gelas air
air jeruk nipis dari 1 buah jeruk
gelatin (untuk tiap 100 cc air bubuhi 3 gram gelatin)
½ piring buah stroberi
sedikit rum

Cara membuat:
1. Nanas disikat dan dicuci bersih, belah 2, lalu lubangi nanasnya. Keluarkan isinya. Usahakan supaya dindingnya kira-kira 2 cm tebalnya. Isi nanas dipotong kecil-kecil, bagian yang keras dibuang.

2. Apel sesudah dikupas juga dipotong persegi kecil. Rambutan diambil dagingnya, manggis diambil bagian yang tidak ada bijinya. Jeruk dikupas lalu buang kulit airnya. Usahakan supaya bentuknya tetap utuh. Stroberi dicuci, buang tangkainya. Macam-macam buah ini -kecuali jeruk dan manggis- disatukan, lalu taburi sedikit gula. Bubuhi rum, diamkan ± 1 jam lalu tiriskan.

3. Air sari buah ini dicampur dengan 1 gelas air ditambahkan air jeruk nipis lalu takar. Tiap 100 cc air bubuhi 3 gram gelatin. Campuran ini dipanaskan dahulu sampai hampir mendidih, taburkan bubuk gelatin, aduk-aduk sampai rata dan larut, bubuhi sedikit rum dan gula semanisnya.

4. Ratakan, lalu masukkan buah-buahan ke dalam larutan gelatin ini. Manggis dan pisang yang sudah diiris bulat tipis dicampurkan terakhir, aduk perlahan-perlahan. Jika adonan sudah mulai agak mengental masukkan ke dalam nanas yang sudah dilubangi. Jeruk diletakkan di atas sebagian hiasan.

Referensi :
http://female.kompas.com/read/xml/2010/10/24/10181860/nanas.isi.gevulde.ananas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar